--> Manusia Purba | Grand Education

Kumpulan Materi Sejarah | Sejarah Eropa | Sejarah Asia | Sejarah Australia | Sejarah Amerika | Zaman Prasejarah |

Minggu, 12 Oktober 2014

Manusia Purba

| Minggu, 12 Oktober 2014
Selamat malam, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang sejarah manusia purba di Indonesia, mungkin sebagian dari kalian sudah seringa ataupun melihat secara langsung di beberapa museum tentang fosil manusia purba di Indonesia. Ada banyak sekali jenis dari manusia purba itu sendiri, disini saya akan memberikan beberapa yang ada di negara kita Indonesia, semoga artikel di bawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda semua. 

A. Pengertian Manusia Purba

-Manusia purba: jenis manusia yang hidup pada zaman prasejarah
-Pengetahuan mengenai manusia purba dan kehidupannya kita peroleh dari hasil hasil penelitian para ahli purbakala.

Penelitian manusia purba dilakukan dengan mengadakan penggalian di wilayah yang diperkirakan sebagai tempat hidup manusia purba. Penggalian itu menghasilkan temuan berupa sisa-sisa tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia yang sudah membatu (fosil). Fosil tumbuhan, hewan, dan manusia ditemukan di lapisan bumi tertentu. Dengan mengetahui umur lapisan bumi, dapat ditentukan umur fosil.

-Fosil manusia purba: sisa kerangka manusia purba yang telah membatu karena terkubur selama ribuan tahun
-Fosil pandu: fosil yang memberi petunjuk tentang kehidupan zaman prasejarah

B. Jenis Manusia Purba di Indonesia

Penelitian fosil manusia purba di Indonesia di mulai pada akhir abad ke-19. Tokoh penelitian manusia purba di Indonesia adalah Eugene Dubois. Keberhasilannya menemukan fosil atap tengkorak di Trinil (tahun 1891) menjadi bagian penting dalam sejarah paleontropologi. Peristiwa itu sekaligus mengawali serangkaian penelitian fosil manusia purba di Indonesia.

Meganthropus Paleojavanicus

Fosil manusia purba ini adalah jenis paling tua yang pernah di temukan di Indonesia. Penemunya adalah Ralph von Koeningwald di daerah Sangiran. Fosil yang ditemukan berupa rahang bawah dan atas serta gigi lepas. Dengan cara statigrafi, diketahui fosil tersebut berada di lapisan Pucangan. Berdasarkan umur lapisan tanah, diperkirakan fosil Meganthropus Paleojavanicus berumur 1-2 juta tahun.

Ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus

-Berbadan tegap dengan tonjolan tajam di belakang kepala
-Bertulang pipi tebal, dengan tonjolan kening yang mencolok
-Tidak berdagu
-Otot kunyah, gigi, dan rahang besar dan kuat
-Makanannya jenis tumbuh-tumbuhan

Selanjutnya Manusia Purba Part 2

Related Posts