--> Peninggalan Zaman Prasejarah | Grand Education

Kumpulan Materi Sejarah | Sejarah Eropa | Sejarah Asia | Sejarah Australia | Sejarah Amerika | Zaman Prasejarah |

Minggu, 12 Oktober 2014

Peninggalan Zaman Prasejarah

| Minggu, 12 Oktober 2014

1. Alat Batu
 
-Kapak Genggam
Kapak genggam disebut juga dengan kapak perimbas. Alat ini berupa batu yang dibentuk menjadi semacam kapak. Teknik pembuatannya masih kasar, bagian tajam hanya pada satu sisi. Alat tersebut belum bertangkai, dan digunakan dengan cara digenggam.

-Alat Serpih
Alat serpih merupakan batu pecahan sisa pembuatan kapan genggam yang dibentuk menjadi tajam. Alat tersebuat berfungsi sebagai serut, gurdi, penusuk, dan pisau. Tempat ditemukan: Punung, Sangiran, dan Ngandong (Lembah Bengawan Solo), Gombong, Lahat dan Mengeruda.

-Sumatralith
Nama lain alat tersebuat adalah kapak genggam Sumatera. Teknik pembuatannya lebih halus dari kapak perimbas. Bagian tajam sudah pada kedua sisi. Cara menggunakannya masih dengan digenggam. Tempat ditemukan: Lhoksumawe, dan Binjai.

-Beliung Persegi (Kapak Persegi)
Beliung persegi merupakan alat dengan permukaan memanjang dan berbentuk segi empat. Seluruh permukaan alat tersebuat telah digosok halus. Sisi pangkal diikat pada tangkai, sisi depan di asah sampai tajam. Beliung persegi berukuran besar berfungsi sebagai cangkul, sedangkan yang berukuran kecil berfungsi sebagai alat pengukir rumah atau pahat. Tempat ditemukan: Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi.

-Kapak Lonjong
Kapak lonjong merupakan alat berbentuk lonjong. Seluruh permukaan alat tersebut telah digosok halus. Sisi pangkal agak runcing dan diikat pada tangkai. Sisi depan lebih melebar dan diasah sampai tajam. Alat ini digunakan untuk memotong kayu dan berburu. Tempat ditemukan: Sulawesi, Flores, Tanimbar, Maluku, dan Papua.

-Mata Panah
Mata panah merupakan alat berburu yang sangat penting. Selain untuk berburu, mata panah juga digunakan untuk menangkap ikan. Khusus untuk menangkap ikan mata panah dibuat bergerigi. Selain terbuat dari batu, mata panah juga terbuat dari tulang. Tempat ditemukan: Gua Lawa, Gua Gede, Gua Petpuruh, Gua Cakondo, Gua Tomatoa, Gua Saripa.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Peninggalan Zaman Prasejarah. Selanjutnya Peninggalan Zaman Prasejarah Part 2

Related Posts